Q4 2010, Net Profit Nokia Turun 21%

Posted on January 28, 2011

0


Nokia melaporkan revenue pada kuartal terakhir ini hanya meningkat 6 persen menjadi sekira USD17,4 miliar dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Kenaikan ini dipicu oleh flutuasi mata uang. Di luar masalah perubahan mata uang, penjualan Nokia diprediksi cukup flat year-on-year. Sedangkan untuk total penjualan unit ponsel Nokia turun 3 persen menjadi 123,7 juta unit saja pada kuartal ini.

Dilansir melalui Cellular News, Jumat (28/1/2011), operating profit Nokia turun sekira 26 persen menjadi USD1,5 miliar. Sedangkan tahun lalu operating profit Nokia mencapai USD42 miliar. Untuk net profit, Nokia harus turun sekira 21 persen menjadi USD1,02 miliar dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Berdasarkan hasil pencapaian Nokia, sepanjang tahun 2010 ini industri perangkat mobile hanya naik 13 persen dibanding 2009. Sedangkan pangsa pasar Nokia tahun itu turun menjadi hanya 32 persen. Padahal tahun sebelumnya sempat mencapai 34 persen.

“Pada kuartal keempat kami telah menghasilkan kinerja yang cukup solid di tiga bisnis kami, dan cashflow yang cukup membanggakan. Selain itu, pertumbuhan tren di pasar perangkat mobile terus mendorong. Namun Nokia menghadapi beberapa tantangan yang signifikan dalam daya saing dan eksekusi. Singkatnya, industri berubah, dan sekarang saatnya bagi Nokia untuk berubah lebih cepat,” ujar CEO Nokia, Stephen Elop.

Menurut Nokia, secara year-on-year, penurunan yang dialami Nokia ini mencapai tiga persen dikarenakan adanya persaingan yang cukup ketat di pasar ponsel dunia, selain itu juga karena terbatasnya suplai komponen dan logistik sepanjang kuartal tersebut.

sumber: www.okezone.com

Bagaimana menurut teman-teman tentang kondisi NOKIA. Kira-kira apa yang harus dilakukan NOKIA?

Tagged: