2010, Belanja Iklan Telekomunikasi Naik 43%

Posted on February 1, 2011

0


Industri telekomunikasi masih memimpin pasar belanja iklan di media televisi dan cetak. Bahkan pengeluaran belanja iklan di kategori telekomunikasi naik sekira 43 persen.

“Telekomunikasi tetap memimpin belanja iklan terbesar. Bahkan tujuh dari 10 pembelanja iklan terbesar berasal dari perusahaan telekomunikasi,” ujar Irawati Pratignyo, managing director Nielsen Indonesia untuk Audience Meassurement, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (1/2/2011).

Total belanja iklan di industri telekomunikasi, menurut data Nielsen, mencapai angka Rp5 triliun, tepatnya sekira Rp5.550 triliun.

Dipaparkan Irawati, 10 perusahaan dengan pengeluaran iklan terbanyak dipimpin oleh XL dengan Rp593 miliar, atau 66 persen naik dari tahun 2009. Diikuti oleh pengeluaran Telkomsel all sim card dengan angka Rp538 miliar. Angka ini naik sekira 79 dari pengeluaran iklan Telkomsel di 2009.

Namun begitu, dalam data yang dipaparkan Irawati, secara keseluruhan iklan Telkomsel memiliki pengeluaran lebih banyak dibanding XL. Pasalnya tiga pengeluaran iklan Telkomsel didata secara terpisah. Jika ditotal maka Telkomsel mengeluarkan iklan produknya hingga Rp1,374 triliun. Masing-masing dikeluarkan dari iklan Telkomsel all sim card sebesar Rp538 miliar atau naik sekira 79 persen dari 2009, lalu pengeluaran untuk iklan khusus simPATI sebesar Rp438 miliar atau naik sekira 198 persen dibanding tahun lalu, dan pengeluaran iklan Kartu As sebesar Rp398 miliar atau naik sekira 125 persen dari tahun lalu.

Berikut Top 10 Pembelanja iklan di seluruh media

1. XL, Rp593 miliar, baik 66 persen dari 2009
2. Telkomsel all sim card, Rp538 miliar, naik 79 persen dari 2009
3. simPATI, Rp438 miliar, naik 198 persen dari 2009.
4. Kartu As, Rp398 miliar, naik 125 persen dari tahun lalu
5. Axis, Rp396 miliar, naik 6 persen
6. Indosat M3, Rp320 miliar, naik 13 persen
7. Local Government Candidat, Rp309 miliar, naik 673 persen dari 2009
8. Esia, Rp296 miliar, naik 24 persen
9. Mie Instant Sedaap, Rp291 miliar, naik 34 persen
10. Aqua, Rp280 miliar, turun 6 persen.

Informasi belanja iklan ini dikumpulkan dari data Advertising Information Sevices yang memonitor aktivitas periklanan di Indonesia. Data ini dihasilkan dari 24 stasiun TV, 95 surat kabar dan 163 majalah dan tabloid.

Sumber: www.okezone.com 1 Feb 2011