Mau Yang Biasa Atau Luar Biasa?

Posted on February 3, 2011

0


Apa yang Anda pikirkan ketika saya ucapkan kata “biasa” (ordinary)? Kata yang muncul dalam pikiran saya adalah: umum,normal, rata-rata, membosankan. Sesuatu yang Anda lihat setiap hari.

Bagaimana dengan kata “luar biasa” (extraordinary)? Saya pikirkan kata: Dasyat. Tidak masuk akal. Tidak biasa. Khusus. Di atas rata-rata. Baru.

Dalam bahasa Inggris, hanya lima huruf yang membedakan kata “ordinary” dari “extraordinary.” Extra. Dan kata “extra” bisa diartikan : di luar. Dalam bahasa Inggris juga berarti “tambah sedikit lagi.”

Kata yang kita gunakan tidak sepenting dari idenya: jarak antara biasa dan luar biasa lebih pendek dari pada yang Anda pikirkan. Sudah terlalu lama orang berpikir ada perbedaan besar antara yang normal dan special. Mereka berasumsi bahwa “diatas rata-rata” adalah jauh diatas “rata-rata.” Namun dengan mempercayai hal itu, membuat Anda dengan mudah menyimpulkan bahwa Anda yang “rata-rata”, tidak akan pernah dapat meningkatkan diri lagi; tidak ada jalan untuk mencapai “diatas rata-rata.”

Saya di sini untuk memberi tahu bahwa Andalah yang membuat jaraknya terlalu lebar. Ijinkan saya memberikan ilustrasi. Jika Anda adalah pembaca dengan kemampuan rata-rata, Anda butuh 2-3 detik untuk membaca paragraph ii. Dua baris kalimat = satu detik. Berapa baris lagi Anda dapat membaca dalam satu detik? Satu baris? Tidak terlalu banyak, tetapi sungguh, bagaimana lagi membuat perbedaan dalam satu detik?

Tapi di beberapa area kehidupan, detik membuat perbedaan di dunia ii. Apakah Anda pernah mendengar tentang Usain Bolt? Dia sering disebut sebagai “Manusia tercepat di dunia.” Bolt membuat rekor dunia dalam lomba lari 100 meter di trek dan lapangan. Catatan rekor terakhirnya adalah 9,69 detik. Dalam Olimpiade ia memenagkan medali emas terhadap 7 orang lainnya di final. Berapakah perbedaan antara peraih medali emas dan perak? Richard Thompson yang saat itu berada di urutan ke dua setelah Bolt mencatat waktu, 9.89 detik. Perbedaannya hanya 0.2 detik. Manusia tercepat di dunia, pemenang lomba dan pemegang rekor dunia untuk lari 100 meter hanya 2/10 detik lebih cepat dari lawannya. Detik – atau bahkan per sekian detik – DAPAT membuat perbedaan besar.

Dalam kehidupan ini sama seperti olahraga, kinerja yang luar biasa biasanya dibedakan dari yang biasa oleh perbedaan yang tipis sekali. Bagaimana jika kehidupan Anda yang biasa saja dapat berubah menjadi luar biasa hanya dengan sebuah perubahan kecil? Apakah hal itu cukup berarti untuk di coba?

Berikut adalah beberapa “extra” yang dapat membantu Anda memperpendek jarak antara yang biasa dan luar biasa.

Sebuah usaha “extra” kecil. Ada harga yang harus dibayar untuk mencapainya. Terkadang harga yang cukup besar. Tetapi kadang hanya sedikit usaha tambahan dapat memberi hasil yang signifikan. Berapa harga yang bersedia bayarkan untuk sukses?

Sedikit tambahan waktu. Untuk memberi tambahan waktu, kita butuh lebih dari ketekunan. Kita butuh kesabaran dengan proses pertumbuhan. Saya percaya bahwa banyak dari kita sering melebih-lebihkan atas suatu peristiwa dan meremehkan prosesnya. Tapi kita semua salah. Seperti yang saya tuliskan dalam The 21 Irrefutable Laws of Leadership, pemimpin itu dikembangkan setiap hari, tidak bisa dalam satu hari.

Sedikit tambahan bantuan. Saya suka perkataan ini: “Jika Anda melihat kura-kura di atas pagar, kita tahu bahwa ada seseorang yang telah membantunya!” Mengapa saya menyukai hal ini? Karena saya adalah kura-kura di atas pagar itu. Saya tahu bahwa saya tidak bisa sampai di tempat saya berada sekarang tanpa bantuan. Saya tidak sepandai, bertalenta atau secepat itu. Kebenarannya, mereka yang mencapai tingkat “luar biasa” telah mendapat bantuan untuk mencapainya. Dan banyak kali kesuksesan buth bantuan untuk mencapainya.  Jika Anda menolak untuk memintanya – atau menerimannya – Anda membatasi diri Anda dan juga tingkat pencapaiannya.

Ingatlah bahwa yang biasa dan luar biasa tidak terlalu jauh bedanya. Jika Anda mengerjakan satu saja dengan sedikit extra, maka pekerjaan Anda akan mulai di atas rata-rata pada bagian itu.

Jika orang biasa…

Memberi sedikit tambahan usaha

Meluangkan sedikit tambahan waktu,

Meminta tambahan sedikit bantuan…

Mereka akan menjadi orang yang luar biasa!

Sumber : www.johnmaxwellonleadership.com via http://www.jawaban.com