iPad Penyebab Menurunnya Penjualan PC – IDC, Gartner

Posted on February 5, 2011

0


Dikatakan bahwa penjualan PC yang rendah pada kuartal akhir 2010 disebabkan oleh booming-nya tablet, khususnya kesuskesan Apple iPad. 

Analis bisnis IDC dan Gartner, kedua-duanya melaporkan bahwa angka penjualan PC lebih rendah dari yang diperkirakan, dengan hanya sekira 2,7 – 3,1 persen setiap tahunnya. Demikian seperti yang dikutip dari Pocket-Lint, Jumat (14/1/2011).

“Pertumbuhan penjualan PC semakin menurun pada tahun 2010 karena terdesak oleh iPad,” ujar David Daoud, Research Director dari IDC.

“Secara keseluruhan, penjualan PC semakin melemah di banyak wilayah karena kompetisi yang semakin semarak,” kata Mikako Kitagawa, analis dari Gartner.

“Tablet, seperti iPad, sebagaimana perangkat elektronik konsumen lainnya, seperti game konsol, semua kini bersaing melawan PC,”

Netbook, sebagai contoh, kini semakin sulit bersaing dengan perangkat-perangkat mobile terbaru. Daoud juga memprediksi kalau PC akan semakin menurun penjualannya pada tahun 2011.

“Situasi ini kan terjadi di tahun 2011, sebagaimana pasar media tablet semakin menguat, yang mendesak pasar PC tradisional,” jelas Daoud.

“Konsumen kini semakin memperhatikan pembelian mereka,” tambah Daoud. (Ahmad Taufiqurrakhman)
Sumber: http://www.okezone.com