Turunkan Harga Pertamax, Pertamina Takut Kalah Bersaing

Posted on February 6, 2011

0


Keputusan PT Pertamina (Persero) untuk menurunkan harga Pertamax sebesar Rp100 per liter menjadi Rp7.950 per liter yang hanya berselang dua hari dari pengumuman resmi harga Pertamax lalu disinyalir sebagai langkah Pertamina untuk tidak kalah dalam bersaing dengan SPBU asing lainnya.

Pengamat Perminyakan Pri Agung Rakhmanto menilai keputusan Pertamina itu merupakan reaksi atas pesaing yang menetapkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sejenis Pertamax lebih rendah sehingga dikhawatirkan pelanggan Pertamax akan berpindah ke SPBU yang lebih murah.

“Penurunan ini mungkin dikarenakan persaingan dengan para pemain yang lain, yang harga pertamaxnya lebih rendah dari Rp8.050, jadi takut pelanggannya beli pertamax ke yang lain,” Pri Agung saat dihubungi oleh okezone, Jakarta (6/2/2011).

Seperti diketahui, bahwa Pertamina telah menurunkan harga pertamax yang semula Rp8.050 per liter pada 1 Februaru lalu menjadi Rp7.950 per liter pada 3 Februari. Pertamina sendiri mengungkapkan hal ini dilakukan sebagai insentif terhadap pengguna Pertamax dan agar pembeli tidak kembali lagi untuk membeli BBM bersubsidi atau premium.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) M. Harun sebelumnya membantah bahwa penurunan harga yang hanya berselang dua hari dari pengumuman resmi ini merupakan reaksi dari harga yang ditetapkan pesaing yang memang lebih murah dibanding dengan harga awal bulan Februari Pertamina. “Enggak (mengikuti). Mereka (pesaing) memang terbiasa ngikutin kita,” jelasnya.

Dibandingkan dengan tahun lalu, konsumsi Pertamax tahun ini memang terbilang meningkat pesat dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu volume harian pertamax hanya sebesar 1.300 kiloliter (kl) per hari, dan tahun ini sekira 2.500 kl per hari. Jadi, meskipun harga Pertamax terus mengalami kenaikan namun volumenya jutru meningkat.

“Volumenya sudah luar biasa besar. Lagi pula kita sudah konsolidasi margin, jadi tidak rugi,” tuntas Harun.(adn) (rhs)

Sumber: http://www.okezone.com