Q4 2010:Blackberry runtuhkan dominasi NOKIA di Indonesia utk segmen smartphone

Posted on February 7, 2011

0


Dominasi ponsel pintar (smartphone) besutan Nokia selama kuartal IV/ 2010 di pasar Indonesia tergeser oleh vendor asal Kanada Research in Motion (RIM) sebagai prinsipal Blakcberry, kendati tidak terpaut terlalu jauh.

Senior Market Analyst Bidang Telekomunikasi International Data Corporation (IDC) Indonesia Rizki Muhammad Ridwan mengatakan IDC mencatat penggunaan sistem operasi pada smartphone di Tanah Air yang tertinggi adalah Blackberry dari RIM baru disusul oleh Symbian dari Nokia.

“Sistem operasi Blackberry smartphone yang terbanyak pada kuartal IV tahun lalu. Namun, kami belum dapat menyebutkan persentasenya karena ini menyangkut vendor,” ujarnya kepada Bisnis, hari ini.

IDC adalah lembaga penelitian perusahaan dan pasar teknologi informasi (TI), telekomunikasi, dan produk TI yang bermarkas di Massachusetts, Amerika Serikat, serta memiliki kantor perwakilan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Beberapa sistem operasi yang digunakan dalam ponsel pintar antara lain Symbian Nokia, Blackberry (RIM), iPhone dari Apple, Google Android, dan Windows Mobile.

Menurut Rizki, penggunaan sistem operasi dari tiap-tiap vendor secara langsung menunjukkan jumlah ponsel pintar yang terjual di pasar.

Berdasarkan data IDC, penggunaan sistem operasi Blackberry pada kuartal III/ 2010 sebesar 37% masih menempati posisi kedua, sedangkan posisi pertama diduduki oleh Nokia Symbian sebesar 50%, sedangkan Google Android pada posisi ketiga sebesar 10%, Windows Mobile 2%, dan iPhone  dari Apple 1%.(jha)

Sumber: http://www.bisnis.com

Tagged: