IDC: Penjualan Smartphone Kalahkan PC

Posted on February 9, 2011

0


Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ponsel cerdas seperti iPhone Apple mampu mengalahkan penjualan komputer PC. Demikian menurut laporan penelitian IDC yang terbaru.

Di seluruh dunia, produsen ponsel mampu mengapalkan 100,9 juta unit smartphone dalam kurun waktu tiga bulan terakhir di tahun 2010. Dari hasil ini diketahui terjadi lompatan 87 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu pengiriman PC mengalami penurunan dari yang diharapkan, penurunan terjadi hingga 3 persen dengan total pengapalan PC 92,1 juta.

“Dua tren yang tidak selalu berhubungan,” kata analis IDC Ramon Llamas. “Smartphone dan PC melayani berbagai keperluan, dan konsumen umumnya membutuhkan keduanya. PC tetap penting untuk menulis makalah, mengedit foto dan menciptakan jenis konten lain,” tambahnya.

Penjualan PC, bagaimanapun, telah dipengaruhi oleh persaingan dari komputer tablet, yaitu iPad Apple. Sementara itu meningkatnya penjualan smartphone tak terlepas dari turunnya harga.

Menurut IDC juga, meningkatnya jumlah penjualan smartphone juga mendapatkan dorongan dari meningkatnya minat perangkat lunak Google Android, yang dibuat oleh HTC, Samsung, Motorola dan lain-lain.

“Android terus mendapatkan pangsa pasar dengan pesat, membantu mendorong pasar ponsel cerdas,” kata Llamas, seperti dikutip Tech Yahoo, Rabu (9/2/2011).

Orang juga cenderung untuk mengganti ponsel mereka jauh lebih sering daripada yang mereka lakukan pad komputer PC. Konsumen mungkin menunggu tiga sampai lima tahun untuk mengganti komputer. Sementara itu pelanggan ponsel sering memiliki pilihan untuk upgrade ke ponsel baru dengan baik.

Sumber: www.okezone.com

Tagged: