CEO Nokia: Nokia Dalam Kondisi Gawat

Posted on February 10, 2011

0


CEO baru Nokia, Stephen Elop, mengedarkan memo yang mengejutkan seluruh karyawan pabrikan telepon seluler terbesar di dunia itu. Dalam memo baru itu, Elop mengatakan bahwa situasi di internal Nokia saat ini tengah krisis.

“Nokia berpijak di atas bara api dan dikelilingi oleh kompetitor yang sangat inovatif yang siap mengambil pangsa pasar ponsel,” kata Elop dalam memo yang diterima BBC, Rabu. Elop  baru diangkat menjadi CEO Nokia pada September 2010.

Ia lalu mengacu pada kesalahan Nokia yang abai terhadap suksesnya Google mengembangkan sistem operasi Android dan Apple yang berjaya lewat iPhone.  “iPhone pertama diluncurkan pada 2007, tapi hingga kini Nokia belum punya produk yang mendekati iPhone,” katanya.

“Android datang dua tahun lalu. Dan pekan ini, Android sudah mengambil posisi kita di pangsa ponsel jenis smartphone. Ini sangat mengejutkan,” katanya.

Secara penjualan handset, Nokia memang menguasai pasaran ponsel dunia. Namun perlahan-lahan, dominasi perusahaan asal Finlandia itu mulai tergerus. Menurut lembaga riset IDC, pangsa pasar Nokia jatuh dari 38 persen pada 2009 ke 28 persen di 2010.

Sementara para pesaing mereka seperti HTC dan Apple kini makin mendekat, ataupun kalau ada penurunan tidak setajam Nokia.

Analis dari CCS, Ben Wood, mengatakan Elop mengerti kalau Nokia memang bermasalah secara struktural. “Memo Elop itu memperlihatkan kondisi internal Nokia yang ternyata cukup parah dan perlu perbaikan besar-besaran di sana,” katanya.

Dalam memo serupa, Elop tidak lupa mengingatkan kalau Nokia juga dikepung oleh ponsel murah dari Cina. “Cina itu cepat dan harganya murah. Mereka menantang kita,” katanya. Pekan ini, Nokia dijadwalkan akan memberi pernyataan soal rencana bisnis mereka. Para analis memprediksi, Nokia akan berganti sistem operasi dari Symbian ke Android atau Windows Phone 7.

Sumber: BBC news, http://www.republika.co.id

Posted in: Marketing