Rhenald Kasali: Era Digital Buka Peluang Pasar

Posted on February 10, 2011

0


Pakar bisnis dan manajemen, sekaligus guru besar ilmu manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Rhenald Kasali, kembali melucurkan buku terkait perubahan cepat yang terjadi di dalam dunia bisnis pada abad ini. Bukunya yang berjudul ‘Cracking Zone’ bertutur tentang perubahan yang semakin cepat dan dinamis di era digital abad ke-21.

Perubahan ini, menurut Rhenald, dapat menimbulkan banyak tantangan dan ancaman. Namun dalam waktu bersamaan juga membuka rekahan-rekahan peluang, hanya bagi mereka yang mampu melihat dan memanfaatkannya.

Dalam peluncuran bukunya, Rhenald melakukan penelitian terhadap para ‘crackers’ yang menjadikan transisi gaya hidup serba digital sebagai peluang-peluang baru. Crakers melakukan pembaharuan tidak hanya pada institusi atau instansi di tempat mereka berkiprah, namun juga terhadap industri.

“Mereka tidak terbatas pada para inventor, namun juga para pembaharu yang menimbulkan rekahan, patahan, atau retakan pada teritori di sekitar mereka, namun justru membentuk peluang-peluang baru yang tidak diketahui sebelumnya. Pembaharuan yang dilakukan bukan tanpa resiko karena jika tidak waspada maka mereka akan terjepit dan terkubur dalam rekahan yang diciptakannya sendiri,” ujarnya dalam rilis yang diterima okezone, Kamis (09/02/11).

Menurutnya, cracking zone terbentuk karena empat indikator, yakni pendapatan per kapita Indonesia yang telah mencapai USD3.000 pada 2010. Selain itu peningkatan pengguna telepon selular hingga 180 juta orang.

“Serta menguatnya gejala freemium (free of charge with premium quality, misalnya internet), dan lahirnya generasi terkoneksi (connected generation/Gen C). Poin-poin tersebut mempengaruhi perilaku konsumen dan perilaku bisnis, lalu menimbulkan patahan dan retakan yang menjadikan volume pasar semakin membesar,” jelasnya.

Tak hanya peluncuran buku, namun penganugerahan ‘Crackership Award’
juga diberikan bagi para crackers yang terpilih, sebagai penghargaan atas crackership  yang telah mereka lakukan dan berdampak positif pada pembaharuan terhadap industri. Selain penganugerahan award bagi para crackers yang telah terbukti dan teruji, dianugerahkan pula Crackership Award bagi institusi TVRI, Kejaksaan, dan Kepolisian. (srn)

Sumber: www.okezone.com