CEO NOKIA: “Nokia Tertinggal Jauh!”

Posted on February 11, 2011

0


Saat Apple diklaim sebagai perusahaan paling bernilai oleh para analis finansial, CEO anyar Nokia Stephen Elop mengklaim perusahaan asal Finlandia itu tertinggal jauh dari para pesaingnya.
 
Kekesalan Elop itu diutarakan melalui memo yang disampaikannya kepada seluruh staf. Pada memo tersebut, Elop mengungkapkan rasa frustrasinya karena Nokia belum mampu menghasilkan ponsel setara iPhone.
 
Bukan itu saja. Elop juga terang-terangan memuji dominasi Android sebagai sesuatu yang sulit dipercaya, mengingat sistem operasi Google itu baru berusia dua tahun.
 
“iPhone pertama dikapalkan 2007, dan kita tetap saja tidak bisa menghasilkan produk mendekati milik mereka (Apple),” demikian tulis Elop sebagaimana dikutip Computerworld, Jumat (11/1/2011).
 
“Android muncul di pasaran dua tahun lalu, dan pekan ini mereka mengambil alih posisi Nokia dalam hal volume smartphone. Sulit dipercaya,” ketusnya.
 
“Di saat kompetitor menyiramkan api pada market share kita, apa yang dilakukan Nokia. Perusahaan ini tertinggal jauh, kita melewatkan tren-tren besar dan kita kehilangan waktu.” Lanjutnya.
 
“Saat itu kita berpikir telah mengambil keputusan bagus. Tapi kini kita akhirnya mengetahui bahwa kita tertinggal bertahun-tahun,” tambah pria berusia 47 tahun ini.
 
Nokia mengalami penurunan market share sepanjang 2010 dari 38 persen menjadi 28 persen. Selain kesulitan menghadapi dominasi Apple, Nokia juga mendapat tantangan di segmen low-end karena sejumlah manufaktur, seperti ZTE, menawarkan handset lebih murah.
 
“Jika terus seperti ini, kita akan terus tertinggal, sementara kompetitor akan terus berada di depan,” pungkas Elop.
 
Elop dijadwalkan membeberkan strategi baru perusahaan pada Nokia Capital Markets Day di London, hari ini waktu setempat.

Sumber: www.okezone.com