Isi Lengkap Surat Terbuka CEO Nokia dan Microsoft

Posted on February 12, 2011

0


Okezone.com – Bergabungnya dua raksasa teknologi, Microsoft dan Nokia menjadikan era baru bagi perusahaan asal Finlandia itu. Optimisme tinggi untuk diusung keduanya, untuk saling melengkapi dalam hal sisi software dan hardware.

Setelah kesepakatan diantara keduanya resmi ditandatangani, CEO Nokia Stephen Elop dan CEO Microsoft Steve Ballmer pun mengeluarkan surat terbukanya untuk para penggemar, investor dan tentu saja kompetitor.

Berikut isi lengkap surat terbuka kedua CEO itu, yang okezone lansir dari situs resmi Nokia, Jumat (12/2/2011);

Hari ini (Jumat 11 Februari) di London, kedua perusahaan kami mengumumkan rencana untuk sebuah kemitraan strategis yang luas yang menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan kami dan membangun ekosistem mobile global yang baru. Kemitraan ini meningkatnya skala kita, yang akan menghasilkan manfaat yang signifikan bagi konsumen, pengembang, operator mobile dan bisnis di seluruh dunia. Kami, keduanya, sangat bersemangat tentang perjalanan kita secara bersama-sama.

Sedangkan rincian spesifik dari kesepakakatan, inilah ringkasan cepat dari apa yang kita bekerja untuk:

• Nokia akan mengadopsi Windows Phone sebagai strategi utama smartphone, berinovasi di atas platform di berbagai bidang seperti imaging, di mana Nokia adalah pemimpin pasar.

• Nokia akan membantu mendorong dan menentukan masa depan Windows Phone. Nokia akan menyumbangkan keahlian pada desain hardware, dukungan bahasa, dan membantu membawa Windows Phone untuk kisaran yang lebih besar dari titik harga, segmen pasar dan geografi.

• Nokia dan Microsoft erat akan berkolaborasi dalam pengembangan, inisiatif pemasaran bersama dan jalan pengembangan bersama untuk menyelaraskan pada evolusi masa depan produk mobile.

• Bing akan menjadi layanan Nokia ldi seluruh perangkat dan layanan Nokia, memberikan akses pelanggan untuk kemampuan generasi berikutnya dari Bing Search. Microsoft adCenter akan menyediakan layanan pencarian iklan on line di perangkat Nokia dan layanan.

• Nokia Maps akan menjadi bagian inti dari layanan pemetaan Microsoft. Sebagai contoh, Peta akan diintegrasikan dengan mesin pencari Bing Microsoft dan platform iklan adCenter untuk membentuk sebuah pencarian lokal yang unik dan pengalaman iklan.

• Nokia akan memudahkan bagi konsumen untuk membeli layanan Windows Phone di negara-negara dimana kartu kredit digunakan secara rendah.

• Alat pengembangan Microsoft akan digunakan untuk membuat aplikasi untuk berjalan pada Nokia Windows Phones, yang memungkinkan pengembang untuk dengan mudah lmencapai global ekosistem.

• Microsoft akan terus berinvestasi dalam pengembangan Windows Phone dan layanan cloud sehingga pelanggan dapat berbuat lebih banyak dengan telepon mereka.

• Konten Nokia dan toko aplikasi akan diintegrasikan dengan Microsoft Marketplace untuk pengalaman konsumen lebih menarik.

Kita masing-masing membawa aset yang luar biasa ke meja. Sejarah Nokia dalam inovasi di ruang perangkat keras, perangkat keras skala global, sejarah yang kuat penciptaan kekayaan intelektual dan aset navigasi tiada duanya. Microsoft adalah pemimpin dalam jasa perangkat lunak dan; keahlian yang luar biasa perusahaan dalam penciptaan platform untuk memberikan kesempatan bagi miliaran pelanggan dan jutaan mitra untuk mendapatkan lebih banyak dari perangkat mereka.

Bersama, kita memiliki beberapa merek dunia yang paling dikagumi, termasuk Windows, Office, Bing, Xbox Live, NAVTEQ dan Nokia. Kami juga memiliki pemahaman bersama tentang apa yang dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan ekosistem mobile, yang mencakup seluruh pengalaman dari perangkat ke perangkat lunak untuk aplikasi, jasa dan pasar.

Hari ini, pertempuran bergerak dari salah satu perangkat mobile untuk salah satu ekosistem mobile, dan kekuatan kita di sini saling melengkapi. Ekosistem berkembang dengan baik jika mereka mencapai skala, ketika mereka didorong oleh energi dan inovasi dan ketika mereka memberikan manfaat dan nilai untuk setiap orang atau perusahaan yang berpartisipasi. Ini adalah apa yang kita menciptakan, ini adalah visi kami, ini adalah pekerjaan yang kita mengemudi dari hari ke depan.
Ada ekosistem mobile lainnya. Kami akan mengganggu mereka.

Akan ada tantangan. Kami akan mengatasinya.
Kesuksesan membutuhkan kecepatan. Kita akan cepat.

Bersama, kita melihat kesempatan, dan kita memiliki kemauan, sumber daya dan dorongan untuk sukses.
(tyo)

Sumber: http://www.okezone.com