Mampukah Microsoft Selamatkan Nokia?

Posted on February 12, 2011

0


Okezone.com: Nokia berharap bahwa kemitraan dengan Microsoft dalam bisnis sistem operasi akan membantu perusahaan itu kembali ke jalur yang tepat dalam pasar smartphone yang semakin tertinggal oleh Nokia. Pertanyaanya adalah mampukah Microsoft selamatkan Nokia?

Jika melihat dari sistem operasinya, jelas Windows Phone 7 belum terlalu bagus sebagai penantang terbaik baik bagi Android atau iOS. Ini jelas meragukan akan mampu menempatkan Nokia di garis depan perang mobile.

Memang, sebagai analis senior ABI Research Michael Morgan mencatat, keputusan CEO Nokia Stephen Elop untuk pergi dari majikan lamanya, Symbian, merupakan keputusan yang paling “masuk akal” saat ini.

“Namun, keputusan untuk mengikat sebuah sistem operasi lengkap dengan sebuah perusahaan desain handset yang ‘sakit’ adalah proposisi sangat berisiko,” sebut Morgan, seperti dikutip TG Daily, Sabtu (12/2/2011).

“Ya, Microsoft dan Nokia membutuhkan partner yang kuat untuk mendorong upaya unit mobile mereka maju Meskipun aliansi ini tidak mungkin optimal untuk salah satu pihak, ketika berjuang untuk bertahan hidup itu selalu baik untuk memiliki pasangan,” katanya.

Sementara itu, VP ABI Research Kevin Burden meramalkan bahwa perubahan besar yang dibuat di Nokia akan segera dilaksanakan. Menurutnya cukup dua tahun untuk menjadi dua raksasa teknologi itu mencoba untuk menggabung ekosistem layanan mobile mereka dan roadmap pengembangan produk.

“Dengan Nokia mengambil alih Windows Phone 7, OEM lain yang awalnya mendukung Window Telepon 7 mungkin memikirkan kembali komitmen mereka,” katanya.
(tyo)

Sumber: http://www.okezone.com