Indonesia Akan Produksi Mobil Murah Toyota

Posted on February 17, 2011

0


Okezone.com Toyota Motor Corporation dikabarkan akan memproduksi mobil dengan harga jual yang murah. Rencananya, dengan menggandeng saudaranya Daihatsu Motor, mobil murah tersebut akan diproduksi di Indonesia.

Seperti dilansir Nikkei.com, Kamis (17/02/2011), tak hanya diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, mobil murah tersebut juga kabarnya akan dijual ke negara Asia lainnya. Toyota beralasan, bahwa mobil tersebut dibuat untuk mengatasi meningkatnya permintaan akan jenis kendaraan dengan harga terjangkau di pasar Asia.

Dari kabar yang beredar, mobil yang memiliki ukuran lebih kecil dari Toyota Etios yang baru saja diluncurkan di India tersebut akan dijual dengan harga 800-900 ribu yen atau sekira Rp 86,4-Rp 97,2 juta. Harga tersebut tergantung tipe dan perlengkapan standar.

Rencananya, Daihatsu akan menginvestasikan dana sebesar 20 miliar yen atau sekira Rp 2,16 triliun untuk membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun. Diharapkan pabrik baru tersebut akan dapat mulai membuat mobil tersebut pada tahun 2013.

Sebanyak 70 persen dari mobil yang diproduksi akan disuplai dan dijual dengan merek Toyota. Untuk tahap awal, tepatnya pada tahun pertama, jumlah produksi hanya akan dilakukan sebanyak 50 ribu unit.

Melalui peningkatan produksi di Indonesia, Toyota berniat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kedua terbesar di Asia Tenggara setelah Thailand.

Selain itu, Toyota juga dikabarkan akan mengembangkan mobil listrik baru dengan menggandeng perusahaan asal Cina, FAW Group. Mobil ini akan menggunakan basis sedan Vios dan motor listriknya sendiri akan dirancang oleh Tianjin, anak perusahaan FAW.

Kabarnya, mobil ini akan meluncur pada tahun 2012, namun pihak Toyota sendiri belum mau berkomentar terhadap kabar tersebut.

Sumber: www.okezone.com