Resep Rahasia Coca Cola Bocor?

Posted on February 17, 2011

0


Okezone.com – Tidak banyak yang tahu apa kandungan yang terdapat di dalam Coca Cola. Sebuah website mengaku memiliki resep rahasianya.

Dilansir melalui Telegraph, Kamis (17/2/2011), situs bernama thisamericanlife.org mengklaim berhasil mengungkap kandungan dan porsi bahan-bahan yang terdapat di dalam minuman tersebut.

Situs tersebut juga memberikan bukti foto. Foto tersebut berupa Atlanta Journal Constitution edisi tanggal 8 Februari 1979. Dalam jurnal tersebut terlihat foto seorang sedang membuka buku yang berisi replika resep milik John Pemberton.

John Pemberton sendiri merupakan penemu racikan bahan-bahan yang kini disebut sebagai minuman bersoda, Coca Cola. Pemberton sejatinya adalah ahli farmasi yang hidup pada tahun 1886. Sejak ditemukan, resep pembuatan Coca Cola hingga saat ini masih menjadi misteri.

Buku resep itu dikabarkan berisi langkah-langkah dan pemberian dosis kandungan yang tepat dari semua jenis minyak berbeda yang dibutuhkan untuk bahan rahasia Coca Cola, yaitu Merchandise 7X.

Meskipun hanya memiliki kandungan satu persen dari total formula minuman itu, Merchandise 7X diperkirakan mampu memberikan rasa yang unik ke dalam minuman populer itu.

Saking rahasianya, buku resep rahasia milik Pemberton itu masih dalam penjagaan ketat di sebuah tempat di Atlanta, Georgia, selama 24 jam terus menerus.

Berikut daftar resep rahasia pembuatan Coca Cola.

Cairan ekstrak Coca 3x 1/8 drams USP
Citric acid 3 ons
Caffeine 1 ons
Sugar 30 (sebutan kuantitasnya tidak jelas)
Water 2.5 gal
Lime juice 2 pints 1 qrt
Vanilla 1 ons
Caramel 1.5 ons atau lebih sebagai pewarna
7X rasa ( 2 ons perasa untuk 5 galon sirup)
Alcohol 8 ons
Orange oil 20 tetes
Lemon oil 30 tetes
Nutmeg oil 10 tetes
Coriander 5 tetes
Neroli 10 tetes
Cinnamon 10 tetes (srn)

Sumber: www.okezone.com