April, Jalur sepeda terealisasi

Posted on March 14, 2011

0


Okezone.com – Jalur sepeda yang pertama di Ibu Kota segera diresmikan April mendatang. Jalur sepeda sepanjang 1,4 km tersebut berada di Jakarta Selatan. Jalurnya dari Taman Ayodya hingga Blok M.

Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sudah menyetujui dan menjadikan jalur sepeda tersebut sebagai pilot project di Jakarta.” Kajian telah selesai, sekarang tinggal membuat marka dan rambu-rambunya,”kata Syahrul Effendi, kemarin.

Namun, dia memastikan April nanti jalur khusus sepeda tersebut sudah bisa digunakan. Jalur sepeda pertama di Jakarta tersebut adalah jalur yang terintegrasi dengan permukiman dan pusat perbelanjaan. ”Mulai dari TamanAyodya sampai Blok M. Dan atas saran gubernur jalur tersebut berintegrasi dengan permukiman, alasannya adalah untuk memancing masyarakat menggunakan sepeda,” tuturnya.

Menurutnya, jalur tersebut memang difokuskan untuk berintegrasi dengan permukiman. Syahrul mengatakan, pihaknya mengaku sudah menyediakan anggarannya. Pembuatan jalur sepeda pertama ini tidak menggunakan dana APBD, tapi ada sumbangan dari sponsor.

”Kami sudah dapat dana dari sponsor, jadi tidak menggunakan anggaran APBD, ungkapnya. Pembangunan tahap pertama yang mulai dibangun tahun ini akan menghubungkan Taman Ayodya-Blok M. Pemilihan jalur tersebut juga setelah mendapatkan rekomendasi dari Sudin Perhubungan Jakarta Selatan. Jalur tersebut, selain menghubungkan Taman Ayodya hingga ke Blok M, juga melintasi permukiman serta beberapa sekolah.

”Jadi, saya rasa ini adalah jalur yang paling ideal untuk uji coba. Karena, selain melewati mal dan taman, jalur ini juga melintasi sekolah,”tegasnya. Jalur tersebut akan dilanjutkan ke lokasi lain sehingga tidak menutup kemungkinan jalur khusus tersebut bisa sampai ke kawasan Kuningan dan Sudirman. Selain Taman Ayodya-Blok M, jalur sepeda kemungkinan akan dibangun di kawasan Pondok Indah.Pemilihan ini hampir sama dengan pemilihan untuk jalur sebelumnya.

Syahrul melihat antusiasme masyarakat untuk bersepeda di kawasan tersebut sangat tinggi. Pihaknya berencana melakukan integrasi permukiman dengan Mal Pondok Indah. Untuk mendukung ini,Syahrul sudah meminta pihak mal membangun parkir khusus sepeda. Seperti di Mal Blok M, di pelatarannya sudah dibuatkan beberapa tempat untuk parkiran sepeda. Syahrul menegaskan, pembangunan jalur pendek ini diharapkan menjadi barometer pembangunan jalur sepeda jarak panjang.

Di Jakarta Selatan sejumlah perkantoran sudah membangun parkiran dan fasilitas lain seperti kamar mandi khusus. Dia berharap, jalur tersebut bisa bermanfaat dalam menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat. Sementara jalur sepeda di jalur-jalur protokol hingga saat ini masih dikaji dan diuji coba.

”Kami sudah coba beberapa jalur dan ternyata ada beberapa jalur yang memang sudah banyak dilalui komunitas Bike to Work,”ungkapnya. Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azas Tigor Nainggolan mengatakan, pihaknya menyambut baik pembangunan jalur sepeda pertama di Jakarta.

Apa yang dilakukan Pemkot Jakarta Selatan patut dicontoh.”Ini menjadi pilot project dan kalau ini sukses, kami harapkan bisa dilanjutkan ke jalur yang lebih luas,”ujarnya. Dia menegaskan,salah satu cara mengurangi kemacetan memang salah satunya dengan memancing masyarakat menggunakan sepeda. Di berharap pembangunan jalur sepeda harus diiringi dengan fasilitas lain seperti lokasi parkir sepeda dan kamar mandi di tiaptiap perkantoran.

”Kita harapkan perkantoran juga menyiapkan fasilitas untuk karyawan yang menggunakan sepeda jadi bisa memancing karyawan lain menggunakan sepeda,” tuturnya. Ketua Bike To WorkToto Sugito mengaku senang dengan keberadaan jalur sepeda tersebut. Menurut Toto, pihaknya sebenarnya sudah melakukan pengkajian jalur sepeda untuk DKI Jakarta pada 2009.

”Kita sudah lakukan kajian dengan Dishub dan hasilnya juga sudah kita serahkan, ungkapnya. Dia berharap pemerintah bisa mengakomodasi para pengguna sepeda tanpa harus menunggu pengguna banyak. Pembangunan fasilitas untuk bersepeda akan memancing orang untuk beralih menggunakan sepeda. Selain menyehatkan, penggunaan sepeda juga dipastikan mengurangi jumlah kendaraan pribadi.   (/) (ram)

Sumber: http://www.okezone.com

Posted in: Z Others