Indonesia Pimpin Tim Evakuasi Warga Asean di Jepang

Posted on March 14, 2011

0


Okezone – Setelah menempuh perjalanan selama 18 jam, tim evakuasi KBRI Tokyo yang dipimpin oleh Mayor Zaenal akhirnya tiba di Sendai, meski menemui sejumlah rintangan di beberapa wilayah yang terkena gempa.
 
Selain itu ada juga longsor, penutupan akses jalan oleh militer di wilayah Fukushima yang terkena dampak dari kebocoran PLTN Fukushima. Tim ini dikirimkan sembilan jam setelah terjadinya bencana gempa dan tsunami.
 
Seperti diungkapkan Duta Besar RI M Lutfi dalam rilis yang diterima okezone, Minggu (13/3/2011), saat ini, tim evakuasi telah mendirikan posko di Sendai. Mereka membawa logistik berupa, selimut, mie instant, air mineral, pembalut wanita, karena Sendai masih amat dingin dan bersalju pada Sabtu, kemarin.
 
Kedutaan Indonesia adalah yang pertama tiba di lokasi bencana yang menjadi pusat gempa. Beberapa kedutaaan asing saat ini meminta saran kepada KBRI tentang langkah-langkah yang diambil oleh KBRI dalam melakukan evakuasi warganya, terutama bagaimana cara tim Indonesia tiba di Sendai.
 
Kedutaan Indonesia juga menjadi leading group untuk evakuasi warga Asean. Saat ini ada tim kedutaan Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam yang akan mengikuti tim evakuasi KBRI yang akan berangkat pada pukul 15.00 waktu Tokyo dengan dua unit bus.
 
Diperkirakan bus ini akan mengangkut 121 warga Negara Indonesia dari Sendai.
(lam)

Sumber: http://www.okezone.com

Posted in: Z Others